logo blog

Mengisi Polybag yang baik dan benar

Mengisi Polybag yang baik dan benar ini sesungguhnya terinspirasi dari sebuah tulisan sahabat blogger yang sudah malang benar nasibnya di dunia bloging, tamplatenya yang bedanya hanya setipis silet pula dengan blog ini, menjadikan kami berdua bagaikan blogger sepinang dibelah dua, tulisan yang menginspirasi tersebut bertajuk Plasma Bawang Daun, dari ide dan pemikirannya yang sederhana (maklum, beliau sepertinya blogger dari kampung, meskipun begitu gaia ng'blognya  ngga kampungan, walaupun terkadang sering norak juga...sedikit), menarik saya untuk kemudian mengkolaborasikan ide sederhana beliau dengan menyuguhkan Cara Mengisi Polybag yang baik dan benar, semoga dengan hadirnya artikel ini, tujuan beliau memplasmakan bawang daun untuk menjadikan warga di lingkungannya mendapatkan manfaat secara ekonomi dapat terwujud.
Mengisi polybag adalah pekerjaan sederhana yang bisa dilakukan oleh siapapun, bahkan si bungsu Geo juga bisa melakukannya, tetapi mengisi polybag yang baik dan benar sehingga dapat menumbuh dan menyuburkan bibit tanaman sesuai dengan yang diharapkan tentu harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar.
Sebelum mulai siapkan dulu peralatan:
  1. Sepatu boots yang bagus, jangan yang udah sobek, kalau yang sobek...mana mungkin bisa di pake. 
  2. Sarung tangan, bolong-bolong dikit...okeh-lah
  3. Cangkul, pake yang baru beli...jangan pinjem yah
  4. Sendok tembok, bukan untuk menyuap makanan, atau menembok, tapi di gunakan untuk nyerok tanah.
  5. Kursi plastik yang dipotong sesuai selera, jikatidak dipotong...sok- ajah cobain gimana rasanya.
  6. Topi lapangan yang ada lambang PU-nya, supaya jidat lebarmu ngga terlalu herang kena sinar matahari langsung, selain daripada itu, lambang PU-nya bisa untuk bergaia...
  7. Pupuk kandang (baca: harus kotoran kambing, supaya bibit bawangnya tetap merasa sejuk kala mereka tumbuh dan berkembang. Jangan pake kotoran ayam, menurut ilmu pertanian pupuk dari kotoran ayam membuat bibit bawang kepanasan karenanya, kayanya kotoran ayam mah ada zat apaan-lah gituh...pokoknya mah jangan pake pupuk kotoran ayam....ngga usah ngeyel deh)
  8. Polybag yang baru dibeli dipasar, jangan polybag bekas...tau.
  9. Jangan lupa minta ibue mendampingi, agar semangat mengisi polybag bangkit selalu.
  10. Liat dah tuh...
Mengisi Polybag yang baik dan benar
Langkahkan kaki kanan terlebih dulu saat keluar dari pintu rumahnya, sambil baca Bissmillah...dan niatkan "Ya Allah...saya niatkan mengisi polybag hari ini sehari penuh untuk menghidupkan bibit bawang daun karena-Mu Ya Allah"
  1. Siapkan tanah yang subur yang diambil dari pekarangan rumah (bisa pekarangan pribadi maupun milik tetangga, sesuai dengan kesepakatan saja itu mah-lah) dengan Cangkul yang baru di beli tadi itu loh...kalau pake cangkul butut, bukannya tanah yang tercangkul, bisa jadi malah jidatmu yang kepacul, sebab jika cangkul bekas mah resikonya bisa lepas dari gagangnya...bener ngga?...keselamatan kerja jadi yang utama.
  2. Campurkan pupuk kandang dari kotoran kambing/domba dengan tanah yang baru dicangkul sampai merata, (mencampurkannya tidak menggunakan mixer loch yah.)
Mengisi Polybag yang baik dan benar
Pada langkah inilah, saat yang harus sungguh-sungguh diperhatikan dan harus dipraktekkan sengan sungguh-sungguh dengan penuh rasa ikhlas demi terwujudnya bibit bawang daun yang tumbuh subur terhindar dari hama dan segala kendala dalam perjalanan mereka menuju masa panen yang berhasil.
yaitu:
  • Isikan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kedalam polybag secara hati-hati menggunakan sendok tempok jangan lupa sambil membaca Bissmillah...kemudian.....lanjutkan mengisi polybag sambil terus didalam hati menyebut Asmaul Husna hingga polybag terisi sesuai kebutuhan.
  • Lakukan terus langkah di atas berulang secara terus menerus hingga pekerjaan mengisi polybag selesai.
Mengisi Polybag yang baik dan benar
Mengisi Polybag yang baik dan benar
Bila langkah-langkah diatas mengisi polybag yang baik dan benar ini, terutama jika mempraktekan tulisan yang berwarna biru di atas, selain rasa capek tidak menghinggapi, kebahagiaan insyaallah akan menyeruak dari dalam kalbu menyertai diri Anda secara pribadi, anak-anak dan ibue, juga akan...insyaallah akan juga membahagiakan tanah dan polybag dan kelak bibit bawang daun yang besok lusa akan hidup didalam polybag tersebut.
..aaaamiiiin..
Enter your email address to get update from LOTEK.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

nyantey aja ya

Copyright © 2009 - LOTEK | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger